Mesin Pencari (masukkan kata kunci)

01 Juli, 2011

Peralatan TIK (Kelas VII smt-1)

Teknologi informasi dan Komunikasi (TIK) adalah hasil rekayasa manusia terhadap proses penyampaian informasi dari pengirim ke penerima.  Teknologi  Informasi dan Komunikasi juga sering dihubungkan dengan penggunaan perangkat keras dan perangkat lunak untuk menghasilkan dan menyampaikan informasi dengan cepat dan efisien.
Banyak perangkat  teknologi informasi dan komunikasi yang dapat digunakan untuk menyampaikan informasi dengan cepat dan efisien. Macam-macam peralatan TIK yang kita kenal adalah ....


A.         TELEGRAF
Telegraf adalah sistem telekomunikasi yang menggunakan peralatan listrik untuk mengirimkan dan menerima sinyal sesuai dengan kode dalam bentuk pulsa listrik. Telegraf mengirimkan sinyal untuk jarak yang jauh melalui kabel-kabel tembaga.
Sinyal-sinyal yang dikirimkan oleh telegraf merupakan kode-kode sederhana yang mewakili pesan-pesan yang dikirimkan dengan menggunakan pulsa listrik melalui kabel tunggal.  Kode-kode sederhana itu disebut dengan kode Morse, sesuai dengan nama penemunya. Peralatan telegraf elektrik pertama ditemukan oleh Samuel F.B. Morse pada tahun 1837
Oparator telegraf mengirimkan sinyal-sinyal menggunakan sebuah peralatan yang menginterupsi aliran listrik disebuah kabel. Operator menggunakan loncatan arus pendek dan panjang dengan jarak diantaranya untuk mengkodekan huruf-huruf dari pesan yang ingin dikirimkan. Sebuah peralatan di penerima aakan mengubah sinyal-sinyal menjadi rangkaian bunyi kedutan. Kemudian operator telegraf  atau printer mekanik menerjemehkan menjadi kata-kata. Pesan yang dikirimkan melalui telegraf disebut telegram.
Di Indonesia layanan telegraf masih digunakan sampai akhir tahun 1990-an. Saat ini peralatan komunikasi yang satu ini sudah ditinggalkan karena semakin berkembangnya alat komunikasi yang lebih modern. Telepon faksimile, SMS, e-mail, dan bentuk komunikasi modern lainnya lebih banyak digunakan karena dapat mengirimkan informasi jauh lebih cepat. Selain itu, pesan-pesan saat ini lebih banyak dikirimkan dari sebuah komputer ke komputer lain dalam jarak yang sangat jauh melalui kabel serat optik, gelombang radio, satelit dan peralatan tranmisi yang lain.

B.         TELEPHONE
Telephone berasal dari kata tele yang artinya jauh dan phone yang artinya suara. Berarti Telephone adalah alat yang mengubah suara menjadi energi listrik dan mengirimkannya melalui jaringan kabel telephone. Pada penerima energi listrik dirubah menjadi energi suara.
Telephone terdiri empat bagian komponen penting yaitu :
1.          Mekanisme dialing, Berfungsi memasukkan nomor yang akan dipanggil yang terdiri dari keypad berjumlah 12 tombol.
2.          Transmitter, sering disebut mikofon berfungsi mengubah suara menjadi arus listrik yang akan dikirimkan melalui kabel telephone.
3.          Ringer, berfungsi memberikan sinyal yang masuk telephone. Sinyal ini ditimbulkan oleh chip komputer.
4.          Receiver atau penerima berfungsi mengubah arus listrik yang datang dari  telephone lain ke bentuk energi suara.

C.         FAKSIMILE
Faksimile berasal dari kata facsimile yang artinya menyalin sama persis dengan aslinya. Mesin faks merupakan peralatan telekomunikasi yang digunakan untuk mengirimkan tulisan dan gambar melalui kabel telephone.
Dukungan untuk menjalankan sebuah mesin Fax adalah Group, class, data transmission rate dengan rekomendasi dari ITU-T . Fax memanfaatkan sambungan PSTN dan nomor telepon. Prinsip dasar dari fax yaitu gabungan perangkat dari scanner gambar, modem, Printer dengan grup Jaringan, dan juga mesin Photo copy. Supaya faks bisa diterima dan mengirim, maka penerima dan pengirim harus mempunyai mesin faks semua.
Pengirim akan memasukkan dokumen kebagian feeder mesin faks kemudian menekan nomor telephone sesuai nomor telephone faks yang akan dituju. Mesin faks penerima kemudian menerjemahkan sinyal listrik yang diterima untuk membuat dokumen yang sama persis dengan dokumen aslinya dan kemudian mencetaknya.

D.         TELEVISI
Televisi adalah sebuah alat penangkap siaran bergambar. Kata televisi berasal dari kata tele dan vision; yang mempunyai arti masing-masing jauh (tele) dan tampak (vision). Jadi televisi berarti tampak atau dapat melihat dari jarak jauh.  Televisi adalah karya massal yang dikembangkan dari tahun ke tahun. Awal dari televisi tentu tidak bisa dipisahkan dari penemuan dasar, hukum gelombang elektromagnetik yang ditemukan oleh Joseph Henry dan Michael Faraday (1831) yang merupakan awal dari era komunikasi elektronik
Televisi terdiri dari 2 (dua) bagian, yaitu :
1.          Bagian Pengirim
Bagian Pengirim berfungsi mengubah sinyal audio dan vidio menjadi sinyal listrik yang siap dikirimkan melalui kabel atau udara. Jika sinyal tersebut dikirimkan melalui medium udara maka perlu ada gelombang pembawa yaitu gelombang radio.
2.          Bagian Penerima
Bagian Penerima berfungsi menerima sekaligus merubah gelombang listrik bila melalui kabel atau gelombang radio bila melalui udara menjadi gelombang audio dan video.                                                                                                                                             
Saat ini televisi merupakan alat komunikasi yang paling luas jangkauannya. Masyarakat dapat melihat secara langsung siaran di seluruh dunia ini. Penggunaan Televisi yang paling banyak adalah sebagai sumber informasi dan hiburan.
Disamping televisi bentuk lainnya adalah CCTV (Close Circuit Television). CCTV ini digunakan untuk kalangan sendiri pada lingkungan tertentu. Bila dihubungkan dengan kamera  CCTV dapat digunakan untuk alat keamanan di gedung-gedung untuk memantau daerah yang dijaganya.

E.         RADIO
Radio adalah alat  komunikasi yang mengirimkan suara melalui udara dengan menggunakan gelombang elektromagnet. Radio digunakan untuk mengirimkan suara jarak jauh.
Radio bekerja dengan cara mengirimkan sinyal suara yang ditumpangkan di sinyal radio. Sinyal suara tidak dapat dikirimkan langsung karena sinyal suara bukanlah gelombang elektromagnetik. Teknik menumpangkan sebuah sinyal disinyal yang lain dikenal dengan istilah modulasi. Modulasi ini mempunyai ukuran frekwensi yang berbeda-beda.
Contohnya : Amplitudo Modulation (AM), Frekwensi Modulasi (FM), Phase Modulasion (PM) dan sebagainya.
Ada tiga komponen dalam pemancar radio yaitu :
1.          Sumber suara bisa datang dari musik/lagu dan mikrofon.
2.          Pemancar berfungsi memancarkan gelombang suara melalui gelombang radio (gelombang pembawa) yang dibangkitkan oleh osilator dan modulator keseluruh penjuru. Sinyal yang sudah dimodulasi dikirimkan ke antena melalui saluran tranmisi.
3.          Antena berfungsi memancarkan gelombang radio
Pemancar radio sekarang banyak menggunakan gelombang FM karena frekwensinya 88-108 MHz lebih tinggi dari gelombang AM. Dengan frekwensi tersebut radio relatif lebih aman dari gangguan cuaca buruk. Akan tetapi kelemahannya bila jaraknya sangat jauh dengan Pemancar harus menggunakan riley (penghubung).

F.          HANDPHONE
Telephone bergerak (mobile phone), yang biasa disebut handphone, telephone seluler (celluler phone) atau ponsel, merupakan alat komunikasi yang paling banyak digunakan saat ini. Kelebihnya  ponsel adalah dapat digunakan untuk komunikasi walaupun sedang bergerak atau sedang  beraktifitas.
Teknologi telephone bergerak merupakan gabungan teknologi telepone hasil penemuan Alexander Graham Bell (1876) dengan teknologi radio hasil penemuan Guglielmo Marconi (1894). Kedua teknologi tersebut digabung dan jadilah sinyal suara yang dilewatkan melalui gelombang radio.
Ada dua teknologi telepon bergerak yang umum digunakan saat ini yaitu :
1.     GSM (Global System For Mobile Communications)
GSM bekerja dengan mengkompresi suara yang masuk ke jaringan GSM kedalam format digital sehingga ukuranya kecil. Frekwensi GSM 900-1800 Mhz. Pengguna GSM cukup diberi SIM Card (Subscriber Identity Module) untuk mendapatkan layanan operator GSM.
2.     CDMA( Code Division Multiple Acces)
CDMA bekerja dengan cara memecah data suara yang masuk menjadi paket-paket kecil dan masuk saluran frekwensi yang terpisah-pisah. Kemudian paket data yang kecil tersebut dikirim setelah ditambah kode dan hanya dapat diterima yang mempunyai data sesuai.
Selain Ponsel untuk komunikasi suara, posel juga dilengkapi fitur sarana lain seperti SMS, MMS, video Streaming.  Sekarang berkembang layanan 3G, Video Call yang dapat bicara jarak jauh dengan melihat orang yang diajak bicara.
                 
G.         KOMPUTER
Istilah komputer berasal dari bahasa latin “Computtare”  dan dari bahasa inggris “to Compute“ yang artinya menghitung. Pengertian komputer adalah mesin yang mampu menerima data, memproses data, menyimpan data, dan menghasilkan bentuk keluaran berupa teks, gambar, simbol, angka dan suara.
Agar data (input) dapat di proses, semua perangkat keras komputer dirangkai dalam suatu system computer yang terdiri dari:

1.     Alat input             

Alat input (input device) berfungsi untuk memasukkan data yang akan diproses ke dalam komputer. Contoh alat input adalah keyboard dan mouse.

2.     Alat Proses.

Alat proses (process device) adalah bagian utama komputer. Gunanya untuk memproses data yang ada menjadi informasi. Alat proses dalam system komputer biasa disebut CPU (prossesor).

3.     Alat output                           

Alat ini berfungsi untuk menampilkan informasi yang dihasilkan pada pengolah data. Contoh alat output adalah monitor dan printer.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar